6 Tips untuk Layout Blog yang Bagus

Memiliki blog di situs Anda — apakah itu halaman di situs bisnis atau situs Anda adalah blog — adalah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan pembaca dan mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.

Tetapi karena begitu banyak situs memiliki blog, Anda harus menonjol. Konten yang luar biasa jelas penting. Pembaca tidak akan terus kembali ke blog yang ditulis dengan buruk atau jarang diperbarui.

Tetapi bahkan posting blog terbaik pun akan mendapat perhatian lebih jika tata letak di sekitarnya menarik secara visual, mudah diingat dan mudah dinavigasi.

Tips untuk Layout Blog yang Bagus

Simak juga: review hosting terbaik Indonesia

Berikut adalah enam tips untuk mewujudkannya.

1. Jaga agar merek situs konsisten

Apakah Anda menggunakan template atau membuat sendiri, pastikan blog memiliki identitas visual yang kuat. Header Anda adalah tempat yang tepat untuk melakukan itu.

Gambar header harus mengomunikasikan dengan tepat apa yang dimaksud dengan blog dan nada yang Anda cari. Pastikan gambar mudah dibaca secara visual (tidak terlalu berantakan dengan detail atau tidak fokus).

Juga, pastikan bahwa jenis huruf apa pun yang digunakan pada header berkoordinasi dengan yang digunakan di situs.

2. Jangan buat tata letak terlalu rumit

Tata letak blog yang bagus tidak boleh menghalangi posting blog yang sebenarnya.

Hindari memberi terlalu banyak elemen pada halaman. Jika Anda mencari cara untuk menambahkan minat visual, bereksperimenlah dengan template yang menempatkan entri blog dalam dua atau lebih kolom, bukan hanya satu.

3. Warna sangat penting

Palet blog Anda adalah salah satu keputusan desain paling penting yang dapat Anda buat.

Ini membantu membangun getaran keseluruhan halaman. Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah keterbacaan. Anda perlu memiliki kontras yang cukup untuk membuat teks blog mudah dibaca di perangkat apa pun.

Kemudian, Anda perlu memastikan warna yang Anda pilih bekerja bersama. Secara umum, bekerja dengan tiga warna atau lebih sedikit membuat tata letak yang lebih ramping.

4. Bersihkan sisi-sisinya

Sidebars di blog, yang dilakukan dengan baik, dapat menjadi alat bantu navigasi yang bermanfaat bagi pembaca. Jika tidak, mereka bisa menjadi kekacauan visual.

Pikirkan apa yang harus ada di sidebar. Untuk beberapa blog, sidebar kecil dengan tautan ke arsip per bulan adalah aset yang bagus, terutama jika Anda memiliki banyak pembaca yang mengikuti posting. Tapi, Anda mungkin tidak membutuhkannya.

Tentang halaman dan info lain yang diperlukan dapat masuk ke bilah navigasi di bagian atas halaman atau di footer.

5. Buat posting mengundang

Jika Anda memiliki blog dengan banyak posting, tidak masalah untuk menyalinnya.

Tetapi pastikan apa yang dapat dilihat pembaca cukup untuk membuat mereka ingin mengklik. Menambahkan subjudul pada judul dapat membantu memperjelas apa sebenarnya pos tersebut.

6. Jangan takut kekosongan

Ruang putih adalah cara terbaik untuk menarik perhatian ke konten Anda.

Tata letak blog harus lebih luas daripada kebanyakan halaman web sehingga teks lebih menonjol. Anda dapat memiliki tata letak minimal dengan tajuk, pos satu kolom, dan beberapa bilah sisi, atau bisa lebih rumit. Pastikan itu tidak berantakan.

Kiat-kiat ini dapat membantu Anda membuat blog yang menyenangkan untuk dilihat dan mudah dibaca. Juga, ingat bahwa banyak pengguna menjelajah di ponsel.

Periksa ukuran dan warna font untuk memastikan semuanya berfungsi di semua platform.